Rabu, 01 Desember 2010

TUGAS MINGGU KE 3


Nama     : Didin Herdiman
NIM       : 10861008

PERANGKAT KERAS KOMPUTER I
Perangkat keras komputer (Inggris: hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di [dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.
Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:
  • Papan sistem/papan induk yang merupakan tempat CPU, memori dan bagian lainnya, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.
    • RAM - tempat penyimpanan data jangka pendek, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC
    • Buses:


    • ROM (Read Only Memory) di mana firmware diletakkan

    • CPU (Central Processing Unit) sebagai otak dan bagian utama komputer


CD-RW






  • Penyimpanan dalam - menyimpan data dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang.
  • Kartu suara - menerjemahkan signal dari papan sistem ke bahasa yang dapat dimengerti oleh speaker, dan memiliki terminal untuk mencolok kabel suara speaker.
  • Jaringan komputer - untuk menghubungkan komputer ke internet dan/atau komputer lainnya.
    • Modem - untuk koneksi tekan-tombol.
    • Kartu network - untuk internet DSL/kabel, dan/atau menghubungkan ke komputer lain.
  • Alat lainnya.
Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan.








TUGAS MINGGU KE 2

SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI
Manusia dalam berkomunikasi dengan sesama manusia mengalami perkembangan cara penyampaian informasi (yang selanjutnya dikenal dengan istilah Teknologi Informasi). Mulai dari gambar-gambar yang tak bermakna di dinding-dinding gua, peletakkan tonggak sejarah dalam bentuk prasasti sampai diperkenalkannya dunia arus informasi yang kemudian dikenal dengan nama INTERNET. Informasi yang disampaikan pun berkembang. Dari sekedar menggambarkan keadaan sampai taktik bertempur.

Penggolongan perkembangan cara penyampaian informasi sejak jaman purba sampai saat ini:
1.      Manual: sangat sederhana, pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia
2.      Mekanik: sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual
3.      Mekanik Elektronik: peralatan mekanik yang digerakkan secara otomatis oleh motor elektronik
4.      Elektronik: peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh

1.      Sejarah Perkembangan Perangkat Keras
Sejarah perangkat keras komputer adalah catatan dari drive konstan untuk membuat perangkat keras komputer yang lebih cepat, murah, dan menyimpan lebih banyak data.


Sebelum pengembangan komputer-tujuan umum, kebanyakan perhitungan dilakukan oleh manusia. Alat untuk membantu manusia menghitung kemudian disebut mesin hitung, dengan nama milik, atau bahkan seperti sekarang, kalkulator. Itu adalah orang-orang manusia yang menggunakan mesin-mesin yang kemudian disebut komputer, ada gambar kamar besar diisi dengan meja-meja di mana komputer (perempuan sering muda) digunakan mesin mereka untuk bersama-sama melakukan perhitungan, seperti misalnya, aerodinamis yang diperlukan dalam desain pesawat .

Kalkulator terus berkembang, tetapi komputer tambahkan elemen kritis respon bersyarat dan memori yang lebih besar, yang memungkinkan otomatisasi dari kedua perhitungan numerik dan secara umum, otomatisasi tugas manipulasi simbol-banyak. Teknologi komputer telah mengalami perubahan besar setiap dekade sejak 1940-an.

hardware Komputer telah menjadi platform untuk kegunaan lain dari sekedar perhitungan, seperti otomatisasi proses, komunikasi elektronik, peralatan kontrol, hiburan, pendidikan, dll Setiap bidang pada gilirannya telah memberlakukan persyaratan sendiri pada perangkat keras, yang telah berkembang dalam merespon persyaratan.

Selain dari angka ditulis, bantuan yang pertama perhitungan adalah murni perangkat mekanik yang diperlukan operator untuk mengatur nilai awal dari suatu operasi aritmatika dasar, kemudian memanipulasi perangkat melalui manipulasi manual untuk mendapatkan hasilnya. Sebuah canggih (dan relatif baru) contoh adalah aturan slide di mana nomor tersebut diwakili sebagai panjang pada skala logaritma dan perhitungan dilakukan dengan menetapkan kursor dan menyelaraskan skala geser, sehingga mereka menambahkan panjang. Bilangan dapat direpresentasikan dalam bentuk "terus-menerus analog", misalnya tegangan atau beberapa properti fisik lainnya ditetapkan harus sebanding dengan nomor tersebut. komputer analog, seperti yang dirancang dan dibangun oleh Vannevar Bush sebelum Perang Dunia II adalah dari jenis ini. Atau, nomor dapat diwakili dalam bentuk angka, otomatis dimanipulasi oleh mekanisme mekanik. Meskipun pendekatan ini terakhir diperlukan mekanisme yang lebih kompleks dalam banyak kasus, itu dibuat untuk presisi hasil yang lebih besar.

Kedua teknik mekanis analog dan digital terus dikembangkan, banyak memproduksi mesin komputasi praktis. Listrik metode cepat meningkatkan kecepatan dan ketepatan mesin hitung, pada awalnya dengan memberikan kekuatan motif untuk perangkat penghitung mekanis, dan kemudian langsung sebagai media untuk representasi dari angka. Bilangan dapat diwakili oleh tegangan atau arus dan dimanipulasi oleh penguat elektronik linier. Atau, nomor dapat diwakili sebagai angka biner atau desimal diskrit, dan switch elektrik-dikontrol dan rangkaian kombinatorial bisa melakukan operasi matematika.

Penemuan penguat elektronik membuat mesin menghitung lebih cepat dari pendahulu mereka mekanis atau elektromekanis. tabung vakum (katup termionik) amplifier memberikan cara untuk transistor solid state, dan kemudian cepat ke sirkuit terpadu yang terus meningkatkan, menempatkan jutaan saklar listrik (biasanya transistor) pada sepotong tunggal rumit diproduksi semi-konduktor ukuran kuku. Dengan mengalahkan tirani nomor, sirkuit terpadu melalui kecepatan tinggi dan komputer digital murah komoditiyangluas.

Artikel ini mengulas perkembangan besar dalam sejarah perangkat keras komputer, dan upaya untuk menempatkan mereka dalam konteks. Untuk kronologi peristiwa rinci, lihat artikel waktu komputasi. Sejarah Artikel memperlakukan metode komputasi dimaksudkan untuk pena dan kertas, dengan atau tanpa bantuan tabel. Karena semua komputer mengandalkan penyimpanan digital, dan cenderung terbatas oleh ukuran dan kecepatan memori, sejarah penyimpanan data komputer terkait dengan pengembangan komputer.

The tenun Jacquard merupakan salah satu perangkat Programmable pertama.
Sulit untuk mengidentifikasi satu perangkat sebagai komputer pertama, sebagian karena istilah "komputer" telah tunduk pada interpretasi yang berbeda-beda dari waktu ke waktu. Awalnya, istilah "komputer" disebut orang yang melakukan perhitungan numerik (komputer manusia), sering dengan bantuan alat penghitung mekanis.
Sejarah komputer modern dimulai dengan dua teknologi yang terpisah - bahwa perhitungan otomatis dan bahwa dari programabilitas.
Contoh perhitungan awal perangkat mekanis termasuk sempoa, aturan slide dan arguably astrolabe dan mekanisme Antikythera (yang berasal dari sekitar 150-100 SM). Akhir Abad Pertengahan melihat kembali invigoration matematika Eropa dan rekayasa, dan 1.623 perangkat Wilhelm Schickard adalah yang pertama dari sejumlah kalkulator mekanik dibangun oleh para insinyur Eropa. Namun, tidak satupun yang cocok dengan definisi perangkat modern komputer karena mereka tidak bisa diprogram.

Hero dari Alexandria (c. 10-70 AD) membangun sebuah teater mekanik yang dilakukan sebuah drama yang berlangsung 10 menit dan dioperasikan oleh sebuah sistem yang kompleks dari tali dan drum yang mungkin dianggap sebagai sarana untuk menentukan bagian mana dari mekanisme yang dilakukan tindakan - dan ketika [3]. ini adalah inti dari programabilitas. Pada 1801, Joseph Marie Jacquard membuat perbaikan untuk tekstil alat tenun yang menggunakan serangkaian kartu kertas menekan sebagai template untuk memungkinkan-nya tenun menenun pola rumit secara otomatis. Dihasilkan alat tenun Jacquard merupakan langkah penting dalam pengembangan komputer karena penggunaan kartu menekan untuk mendefinisikan pola tenunan dapat dilihat sebagai bentuk, awal meskipunterbatas,dariprogramabilitas.

Itu adalah perpaduan dari perhitungan otomatis dengan programabilitas yang memproduksi komputer pertama dikenali. Pada 1837, Charles Babbage adalah orang pertama yang konsep dan desain mekanik komputer diprogram sepenuhnya bahwa ia disebut "Analytical Engine" [4] Karena keuangan terbatas,. Dan ketidakmampuan untuk menolak mengotak-atik desain, Babbage tidak pernah benar-benar dibangun nya Analitik Engine.

otomatis data skala besar pengolahan kartu menekan dilakukan untuk Sensus AS pada tahun 1890 oleh mesin tabulasi dirancang oleh Herman Hollerith dan diproduksi oleh Computing Tabulating Recording Corporation, yang kemudian menjadi IBM. Pada akhir abad ke-19 sejumlah teknologi yang nantinya akan terbukti berguna dalam realisasi praktis komputer mulai muncul: kartu menekan, aljabar Boolean, tabung vakum (katup termionik)danteleprintertersebut.

Selama paruh pertama abad ke-20, banyak kebutuhan komputasi ilmiah bertemu dengan semakin canggih komputer analog, yang menggunakan model mekanis atau listrik langsung masalah sebagai dasar untuk perhitungan. Namun, ini tidak diprogram dan umumnya tidak memiliki fleksibilitas dan akurasi komputer digital modern.

2.      Sejarah Perangkat Lunak
Perangkat lunak atau software adalah program dari komputer. Perangkat lunak adalah program yang berisi instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Saat ini, tingkat pemrosesan yang dikerjakan perangkat lunak bersifat machine-like (keinginan mesin) mulai berubah dengan sifat human-like (keinginan manusia). Di dalam teori informasi, disusun hirarki informasi, mulai dari data/ fakta, kemudian setelah proses seleksi dan pengurutan menjadi sesuatu yang berguna menjadi informasi. Informasi yang di susun secara sistematis dengan suatu alur logika tertentu menjadi knowledge (pengetahuan).
Perangkat Keras tidak akan berfungsi tanpa adanya perangkat lunak begitu pula sebaliknya perangkat lunak tidak berfungsi tanpa adanya perangkat keras. Kedua perangkat tersebut memang saling berkaitan sehingga komputer dapat berfungsi dengan baik. Perkembangan teknologi terutama dalam perangkat keras terus diimbangi oleh perangkat lunaknya sehingga penggunaan komputer lebih maksimal.
Kemampuan komputer dirasakan sangat berkaitan dengan perangkat keras dan perangkat lunaknya, maka dari itu diperlukan perangkat lunak yang benar-benar mendukung perangkat kerasnya.Bentuk paling sederhana dari perangkat lunak, menggunakan aljabar Boolean, yang di representasikan sebagai binary digit (bit), yaitu 1 (benar) atau 0 (salah), cara ini sudah pasti sangat menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (16 bit), double word (32 bit). Kelompok-kelompok bit ini di susun ke dalam struktur instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika, dan bentuk bit ini di ubah menjadi kode-kode yang di kenal sebagai assembler. Kode-kode mesin sendiri masih cukup menyulitkan karena tuntutan untuk dapat menghapal kode tersebut dan format (aturan) penulisannya yang cukup membingungkan, dari masalah ini kemudian lahir bahasa pemrograman tingkat tinggi yang seperti bahasa manusia (bahasa Inggris). Saat ini pembuatan perangkat lunak sudah menjadi suatu proses produksi yang sangat kompleks, dengan urutan proses yang panjang dengan melibatkan puluhan bahkan ratusan orang dalam pembuatannya. Berdasarkan perkembangannya perangkat lunak sampai dengan sekarang dibagi menjadi beberapa era yaitu :
  • Era Pemula (Pioneer) Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang secara berurutan di proses.
  • Era Stabil Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk. Baris-baris perintah perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang di lakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).
  • Era Mikro Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
  • Era Modern Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 processor-nya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan mengarah pada suatu saat kelak akan dapat saling terhubung. Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.

3.      Sejarah Internet

Sejarah internet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan "at" atau "pada". Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

TUGAS MINGGU KE 2

SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI